Bisnis Penjualan Jam Tangan

Peluang Usaha  Penjualan Jam Tangan

Peluang bisnis penjualan jam tangan cerah sekali prospeknya. Setiap manusia di kehidupannya mesti melakukan aktivitas dalam keseharian. Tak pernah sepi dari yang namanya berkegiatan. Apapun macamnya, pasti ada. Pada waktu libur saja masih ada kegiatan yang dilakukan. Sehingga hidupnya manusia itu tak pernah lengang dengan aktivitas. Setiap kegiatan mesti memerlukan yang namanya waktu. Walau sebuah aktivitas itu disebut sebagai hobbi, tetap saja ada waktunya tersendiri. Sehingga waktu manusia tidak habis hanya untuk melakukan satu macam kegiatan saja.

Supaya segala kegiatan dapat terlaksana dengan baik, penting sekali untuk mengaturnya. Sehingga tidak ada satu atau dua aktivitas yang merugikan diri dikarenakan tidak mampu dalam pengaturannya. Inilah pentingnya jam sebagai penunjuk waktu. Adanya sangat diperlukan guna mengetahui sekarang jam berapa. Juga bisa dipakai mengukur berapa lama kita telah beraktivitas. Sehingga kita mudah sekali mengaturnya. Ada jenis bentuk jam yang sering digunakan untuk saat ini. Paling tidak ada dua macam, yakni jam tangan dan jam dinding.

Untuk jam tangan dirasa lebih praktis sebab bisa dipakai di tangan serta dapat dibawa kemana-mana. Bahkan tak hanya menjadi penunjuk waktu tetapi sudah jadi life style. Malah ada yang mengatakan penggunaanya mencerminkan kepribadian seseorang. Maka tidak mengherankan bila tak sedikit jumlah orang yang rela menghabiskan waktu dan uangnya hanya untuk untuk memilih jam tangan yang paling pas dan cocok untuk ia kenakan. Memang tidak asal menggunakan saja. perlu dicari bentuk dan model yang cocok betul. Pada diri seseorang yang hobi fashion bahkan bisa memiliki lebih dari satu koleksi jam tangan. Sampai dalam hal warna dan tahun keluaran pun dipertimbangkan ketika akan membelinya.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita menilik apa aja jenis jam tangan itu. Diantaranya adalah :
1. Jam Tangan Analog
Jam tangan jenis ini adalah jam tangan klasik yang baru menggunakan jarum sebagai penunjuk waktunya. Inilah model jam tangan pada awalnya.

2. Jam Tangan Otomatis
Parrelet merupakan yang untuk pertama kalinya memperkenalkan jam otomatis pada awal abad ke-20. Disebut jam tangan otomatis sebab menggunakan teknologi yang mampu mengubah energi gerak dari pergelangan tangan menjadi energi yang mampu memutar pegas yang berada di dalam mesin arloji.

3. Kinetik
Teknologi kinetik ditemukan sebagai penyempurnaan dari teknologi otomatis. Teknologi yang satu ini menggabungkan energi yang dihasilkan dari gerakan tangan dengan quartz. Quartz sendiri ialah mesin arloji yang memakai baterai untuk  sumber energi dengan kisaran voltase berkisar 1,5 sampai 3 volt. Jam seperti ini masih banyak kita jumpai

4. Tenaga surya
Perusahaan citizen ialah yang pertama kali menemukan teknologi tenaga surya yang dipakai sebagai sumber energi mesin jam tangan. Jenis teknologi inilah yang paling ramah lingkungan.

5.Jam tangan digital
Inilah model jam yang paling baru yakni jam tangan digital memakai angka digit di layarnya. Akurasi waktu yang dihasilkan dengan memakai teknologi ini amat bagus. Model digit mampu menunjukan jam, menit, dan detik dengan lebih jelas. Membaca jam pada digital akan lebih mudah dibandingkan model lainnya. Kita hanya tinggal membaca deretan angka pada layar.

Pengguna dari jam tangan juga sangat banyak. Berbanding lurus dengan jumlah penduduk suatu negara. Bila penduduknya banyak maka pemakainya juga akan banyak pula. Itu pun belum dihitung bila seseorang ingin mempunyai jam tangan lebih dari satu. Bahkan sering dijumpai satu orang memiliki jam tangan lebih dari dua. Jam tangan bisa dipakai oleh laki-laki maupun perempuan. Cocok untuk dipakai dalam segala suasana. Saat bekerja di luar rumah jam tangan bagus untuk dipakai. Bahkan di dalam rumah pun cocok pula dipakai.

Nah, dari uraian di atas, sangatlah penting untuk kita membahas jenis usaha yang seperti ini. Apalagi kalau bukan bisnis penjualan jam tangan. Untuk langkah awalnya, kita sebaiknya mengetahui hal-hal berikut ini.
1. Siapkan modal
Pertama memang sangat penting kita memiliki modal berupa keinginan yang kuat. Selain itu juga perlu uang yang cukup sebagai modal kerja di awal. Untuk sewa tempat dan biaya awal lainnya mau tidak mau perlu uang. Paling tidak ada beberapa koleksi jam tangan yang harus kita miliki. Namun, tak harus membeli bisa saja dengan menjualkan saja dari perusahaan ternama. Kita bisa mengkoleksi merek terkenal seperti Alba, Seiko, Casio, dan lainya. Di samping merek-merek lainnya yang tidak begitu terkenal pun kita mesti memilikinya.

2. Pilih lokasi yang strategis
Dengan tempat yang strategis, kita dapat mendulang jumlah pembeli atau konsumen yang banyak. Disebut tempat itu termasuk strategis karena banyak orang yang ramai di daerah tersebut. Banyaknya orang yang berlalu lalang di tempat itu juga bisa menjadikan status tempat tersebut menjadi strategis. Setidaknya, tempat tersebut dilewati banyak orang dengan aneka aktivitasnya masing-masing. Masalah mencari tempat yang strategis untuk mendirikan usaha ini penting sekali dalam hal meningkatkan transaksi. karena dengan jumlah calon pembeli yang banyak diharapkan jumlah penjualan atau transaksi pun bisa meningkat. Tempat penjualan jam tangan hendaknya juga menarik. Bersih dan rapi adalah tuntutan yang harus dipenuhi. Perlu melakukan penataan ulang terhadap barang-barang yang ada bila dirasa belum enak dilihat. Terutama ketika para calon pembeli datang ke tempat usaha kita. Penataan barang yang rapi menjadikan orang yang memandangnya menjadi senang dan akan betah berlama-lama.

3. Sediakan barang yang berkualitas
Barang yang berkualitas menjadi idaman para konsumen. Semua orang mengharapkan jam tangan yang awet dan bentuknya menarik. Penambahan koleksi jam juga akan sangat berpengaruh dalam penjualan nantinya. Pembeli akan cenderung ke tempat yang menjual jam tangan secara lengkap. Tingkat harga pun hendaknya bervariasi. Ada yang mahal juga miliki pula yang murah. Baik jam tangan yang harganya mahal atau murah tetap kita koleksi. Dalam kenyataannya para pembeli ada yang suka membeli jam tangan yang murah dan ada pula yang memilih jam tangan yang harganya mahal. Tetapi kita sebagai penjual mesti menerangkan atau menyampaikan keadaan dari jam tangan apa adanya. Tidak boleh barang yang kurang berkualitas disebut sebagai barang yang berkualitas. Kejujuran sangatlah penting dalam hal ini.

4. Promosikan tempat jualan jam tangan
Tanpa ada promosi maka akan sedikit orang yang mengetahui usaha kita. Tak harus beriklan yang sulit atau perlu biaya mahal. Cukup dengan memposting di akun jejaring sosial facebook saja sebetulnya sudah termasuk promosi. Selain facebook ada pula media sosial lainnya seperti twitter, instagram, whatsapp, dan yang lainya. Bisa juga dengan membuat tulisan besar dalam bentuk baner di depan tempat usaha kita. Sehingga bisa terbaca oleh orang lain.

5. Lakukan pelayanan yang ramah dan menyenangkan
Setiap orang suka dengan pelayanan seperti ini. Siapa pun dia. Maka dengan mempraktekkan sikap yang terbaik, akan menyenangkan para pembeli sehingga diharapkan mereka suka datang lagi. Pelayanan yang ramah akan memberikan nilai plus kepada usaha kita.

Begitulah beberapa hal yang penting untuk kami sampaikan dalam hal usaha jualan jam tangan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Sukses menyertai usaha penjualan jam tangan ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Bisnis Penjualan Jam Tangan