Peluang Usaha Es Krim Yang Sangat Prospek

Peluang Usaha Es Krim
Di zaman sekarang ini, adakah yang tak mengenal es krim? Jawabannya tentu tidak ada. Kalau kita mau survei kecil-kecilan di lingkungan rumah, mulai dari anak kecil sampai dengan orang dewasa pun pasti sudah sangat populer sekali dengan es krim. Boleh dikata yang namanya es krim pun ini digemari oleh aneka kalangan. Orang tua dan dewasa pun suka, sehingga tak hanya anak-anak saja yang gemar makan es krim. Apalagi es krim pun bisa membuat kita menjadi lebih gembira dan bisa menghilangkan kesedihan. Tapi ini hanya trend saja yang menjadi sugesti.  Sehingga banyak orang yang sedang bersedih hati lalu dengan makan es krim maka mereka pun terasa kembali bahagia. Es krim pun menjadi salah satu minuman yang paling banyak dicari dan disukai. Kini es krim pun sudah banyak yang dibuat dengan berbagai macam varian rasa. Demikian pula dalam hal model bentuknya pun beraneka. Sehingga semakin menarik saja untuk disantap oleh konsumen. Sekarang sudah banyak di pasaran bahan es krim serbuk berbagai merk dengan aneka rasa buah yang ditawarkan. Sehingga Anda hanya cukup mencampur bahan serbuk dengan air saja ketika akan membuat es krim, selanjutnya tinggal dibekukan dan siap konsumsi. Tapi tentu saja kita harus bisa memilih produk bahan yang akan digunakan agar kualitas es krim yang dijual dapat berkualitas prima. Sehingga kita nantinya memuaskan para pelanggan atau konsumen.

Contoh dari jenis es krim ini adalah es krim aice. Meskipun kita bisa menemukan berbagai merk yang lainnya. Membludaknya jumlah penggemar dari es cream menjadikan prospek usaha bagi para penjual, produsen, bahkan para pengecer sangat prospektif. Apabila kita terjun ke bidang usaha ini saya kira tidak akan merasa kerugian. Bahkan sebaliknya, ada keuntungan besar yang menjanjikan buat kita. Seorang yang memiliki jiwa wirausaha yang kuat tatapan atau pandangannya dalam melihat peluang selalu jeli. Satu titik yang orang awam tidak melihatnya sebagai peluang emas maka bagi seorang wirausaha akan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan baginya. Memang terkadang kita berpandangan bahwa dibalik peluang selalu ada kesulitan. Namun, cara berpikir ini kurang pas sebetulnya. Yang tepat yakni setiap ada kesulitan pasti ada peluang.

Lantas, kita harus melakukan apa tatkala kita melihat sebuah celah bisnis yang belum digarap apik oleh banyak orang. Inilah yang namanya peluang bagus untuk kita. Kemungkinan besar sukses akan kita dapatkan. Orang berjualan sangat tergantung dari pasar sebuah produk. Jadi setiap kita mau berjualan maka lihatlah dulu adakah yang akan membelinya? Karena es krim ini banyak sekali peminatnya atau bisa disebut calon pembelinya, maka peluang untuk orang membeli es krim tentu sangat besar. Ada beberapa hal yang penting untuk kita ketahui dalam menekuni bisnis es krim. Untuk pemula sebaiknya menjualkan dahulu dari pada memproduksi. Kita menjadi distributor terlebih dahulu. Karena ini untuk meminimalisir risiko kerugian. Seorang pemula tentu belum begitu berpengalaman dalam melakukan produksi maka memilih menjadi distributor akan lebih aman. Baiklah kita simak yang berikut ini :
1. Niatkanlah untuk sukses
Niat akan sangat mempengaruhi gerak langkah jiwa dan raga seseorang. Semua hal diawali dari niat terlebih dahulu. Berniat untuk sukses sangat mungkin kita akan mendapatkan sukses. Sebagaimana kalau kita berkeinginan menjadi seorang pengusaha sukses maka sangat mungkin dan akan ada semangat untuk meraih predikat tersebut. Demikian pula jika hanya ingin jadi seorang karyawan maka tentu sulit membangun semangat menjadi pengusaha. Menekuni bisnis es krim, baik menjadi prdusen, penjual atau agen reseller maupun sebagai penjaja kecil-kecilan saja bisa menjadi jalan untuk hidup sukses. Tetapi memang niat di dalam diri mesti ada. Ketika niat ini sudah terbangun maka segala hambatan dan rintangan yang ada bisa lebih mudah diatasi. Walau bagaimana pun yang namanya perintisan sebuah bisnis pasti ada saja tantangannnya. Diakui atau tidak bahwasannya sebuah tantangan bisnis tersebut kadang melunturkan semangat di dalam diri. Inilah perlunya niat di dalam diri yang kuat untuk mengatasi lunturnya semangat tersebut. Bila semangat sudah luntur atau turun maka proses merintis sebuah bisnis akan segera berhenti. Menjadi gagal akhirnya. Sesuatu yang tentu tak diharapkan oleh kita semua.

2. Tingkatkan pengetahuan tentang berjualan es krim
Entah kita menjadi seorang produsen maupun distributor, tetap saja memerlukan ilmu dan pengetahuan tentang cara jualan yang efektif. Jika kita mau membuat sendiri atau sebagai seorang produsen. Tentu meski punya peralatan dan perlengkapan dalam proses membuat es krim. Pastikan peralatan tersebut sudah sesuai standar. Bagaimana cara membuat es krim yang enak dan bisa menjadi favorit harus dimiliki juga ilmunya. Kita mesti banyak belajar untuk masalah ini. Ada banyak cara untuk kita bisa mendapatkan ilmu tersebut. Demikian pula dengan pemilihan bahan. Masalah seperti tak boleh dianggap sepele. Bahan yang bagus akan menentukan rasa dan kualitas es krim yang kita buat nantinya. Jika kita mampu membuat es krim yang enak  tentu penjualannya akan laku keras nantinya. Ditambah lagi perlunya memiliki cara berjualan es krim yang efektif. Sebagus apa pun barang kalau tidak terjual maka sama saja tak akan ada keuntungan yang masuk. Maka ilmu menjual es krim juga perlu untuk kita kuasai. Ini sangat penting karena keuntungan akan datang tatkala kita mampu menjual produk es krim. Apabila volume penjualan naik, otomatis keuntungan akan bertambah juga. Perlu juga untuk tahu kepuasan pembeli es krim kita. Apabila ada keluhan atau ketidak puasan dari pelanggan, kita harus tahu dan segera memperbaiki kualitas. Juga tentang pelayanan di bagian penjualan meski diperbaiki.

3. Melakukan promosi secara masif
Orang bisa membeli es krim kita tatkala mereka tahu rasanya. Juga tentang harga yang meski terjangkau oleh masyarakat luas. Maka penting sekali untuk melakukan promosi. Media promosi banyak sekali, bisa dengan banner yang dipasang, brosur yang dibagikan, atau melalui media internet seperti web atau media sosial yang kini menjamur di masyarakat. Apalagi hampir tiap orang kini mempunyai smartphone yang di dalamnya dihunakan untuk menjalankan perangkat internet seperti media sosial facebook, twitter, instagram, dan lain-lain. Promosi yang disebarkan oleh mulut ke mulut pun bahkan lebih efektif. Namun, melakukan hal ini juga tidak mudah. Perlu waktu yang tidak sebentar.

4. Miliki menejemen keuangan yang baik
Banyak ditemui pengusaha yang gulung tikar dalam menjalankan bisnis. Tetapi hal itu jangan terjadi pada diri kita. Sekedar kita belajar dari kegagalan mereka. Salah satu penyebabnya ialah karena pengaturan keuangan yang tidak baik. Bahkan diantara mereka ada yang tidak memiliki pencatatan keuangan sama sekali. Pencatatan pemasukan dan pengeluaran tidak rapi akan mengakibatkan terjadinya kekacauan perhitungan keuangan perusahaan. Kita akan sulit untuk sekedar melihat jumlah keuntungan saja. Uang yang masuk dan keluar tidak terkontrol. Maka menejemen keuangan harus dirapikan dan diperbaiki.

Nah, itulah setidaknya dasar kita memulai usaha es krim. Silakan untuk memilih. Menjadi penjual dulu atau produsen dulu. Atau malah keduanya dijalankan. Saran kami sebaiknya menjualkan dulu karena dalam bisnis kita harus mengetahui kondisi pasar dahulu. Setelah kita sukses menjual barulah kita bisa produksi. Kita bisa menjadi agen es krim aice dulu misalnya. Bisa pula dengan menjadi agen es krim merk yang lainnya. Setelah lama lama nanti kita bisa membuat sendiri dengan kualitas lebih baik. Jangan pula lupakan berdoa. Karena hal itu juga penting dalam menggapai apa yang kita inginkan. Salam sukses dan semoga bermanfaat artikel ini. 

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Peluang Usaha Es Krim Yang Sangat Prospek