Peluang Usaha Anak Muda Yang Kreatif

Peluang Usaha Anak Muda
Peluang usaha yang kreatif dan inovatif sangat prospek untuk sukses. Anak muda memang memiliki waktu yang sangat luang. Berbeda dengan orang yang sudah usia tua. Masa muda punya kesempatan yang bisa digunakan untuk berbagai hal yang sangat bermanfaat. Akan tetapi banyak kita temukan pemuda maupun pemudi yang belum mensikapi masa keemasannya ini dengan benar. Waktu yang amat berharga malahan hanya dihabiskan untuk hal-hal yang kurang begitu bermanfaat. Akhirnya hasil dari pemanfaatan waktu yang tidak tepat ini adalah tanpa prestasi maupun hal lain yang bermakna. Hari-hari dijalani hanya sekadar ikut-ikutan dengan mode atau trend yang berlangsung pada saat itu. Hanya ikut-ikutan teman atau lingkungan pergaulannya saja. Sikap seperti ini meski diubah bila mana ingin hidupnya berubah untuk sukses. Masa saat masih muda mestinya digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi hari depannya nanti.

Memang kata sukses mudah diucapkan tetapi sulit untuk dicapai bila sikap mental diri tidak berubah menjadi maju. Untuk sukses tidak hanya berbekal ingin saja tanpa ada tindakan yang nyata. Seorang remaja atau pemuda mesti mempunyai tekad kuat untuk mendulang sukses dalam hidupnya. Maka mulai dari sekarang waktunya para muda mudi untuk kreatif dalam meraih sukses. Ada banyak tangga untuk mencapai sukses. Salah satunya dengan terjun dalam berbagai bidang usaha. Memiliki dan mencari peluang usaha bagi para anak muda sangat harus dan urgens. Mengapa? Bisnis dapat merubah kondisi ekonomi seseorang. Secara lebih luas, bisnis juga mampu menjadikan diri lebih bertanggung jawab dan mandiri. Di samping itu, dengan seseorang itu berbisnis maka ia akan mendapatkan keuntungan berupa uang yang tidak sedikit. Dengan memiliki kehidupan finansial yang baik maka hal itu akan menjadi kebahagian dan kesuksesan tersendiri.

Sudah saatnya para anak muda merubah kehidupannya menjadi lebih baik dengan berbisnis. Meskipun di waktu muda kebutuhan hidup belum banyak, tidaklah salah bila mereka mulai merintis suatu bisnis. Justru di waktu muda inilah merupakan kesempatan emas. Di saat masih muda fisik dan pikiran masih kuat untuk diajak bekerja dengan keras. Saat kita telah bekerja keras di usia muda ini maka kita tinggal memanen hasilnya di saat kita tua. Ketika usia sudah di atas enam puluh tahun maka kemampuan fisik seseorang sudah mula menurun. Maka memilih waktu muda untuk merintis usaha sangatlah tepat. Mumpung masih kuat fisiknya. Kesempatan terkadang tidak muncul untuk kedua kalinya. Maka di saat masih muda inilah dipergunakan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Ada banyak peluang usaha yang bisa diambil oleh para anak muda yang mau kreatif dalam hidupnya, diantara peluang usaha tersebut adalah sebagai berikut :
1. Camilan
Bisa dibilang usaha ini termasuk jenis usaha rumahan paling sederhana. Artinya usaha ini sering dijumpai dilakukan di rumah dan mudah dikerjakan oleh para ibu rumah tangga. Tetapi jangan salah sangka dulu. Kita sebagai anak muda sangat terbuka sekali kesempatan untuk ikut terjun ke bidang usaha camilan ini. Kalau para orang tua saja bisa melakukannya pastinya anak-anak muda pun akan bisa pula melakukan usaha camilan tersebut. Anak muda bisa sukses dengan jualan makanan camilan ini. Mengapa usaha camilan ini menjadi pilihan? Sebab usaha ini sangat sederhana dan semua orang tidak sulit untuk menjalankannya. Secara ringkas cara untuk menjalankan usaha in yakni cukup dengan membeli makanan camilan secara grosir lalu kita bungkusi kecil-kecil. Tentu saja kita memilih jenis makanan camilan yang paling laku di pasaran. Kita pun membeli camilan dari tempat grosir yang harganya paling miring. Sehingga nantinya kita mendapat margin keuntungan yang lebih besar. Selanjutnya ketika sudah siap maka tinggal  menjualnya ke warung-warung. Bisa juga disetorkan ke kantin sekolah, kantin pabrik, kantin rumah sakit, dan kantin instansi. Periksalah makanan camilan kita itu di tempat-tempat yang disetori secara berkala. Sambil mengecek kita membawa makanan camilan juga. Bilamana telah habis tinggal kita beri lagi. Begitu seterusnya. Sambil jualan camilan ini kita bisa berjalan-jalan ke berbagai tempat. Menyenangkan juga akhirnya.

2. Fashion
Dunia fashion sangat populer saat ini. Maklumlah, kebutuhan sandang adalah kebutuhan yang sangat pokok. Kemudian pula, tiap tahun bahkan bulan demi bulan selalu berubah mode pakaian yang ada. Perkembangan dari waktu ke waktu begitu cepat. Sehingga peluang para pembeli untuk membeli pakaian pun selalu terbuka luas. Di samping itu dengan kreatifitas yang bagus dalam membuat produk fashion maka para konsumen akan melirik barang milik kita. Maka tidak salah dan sangat tepat bahwa usaha fashion cocok sekali untuk para anak muda. Tidak hanya sebagai pembuat produk. Para anak muda bisa pula dengan memilih menjualkan aneka produk fashion ini.

3. Berbisnis online
Kini dunia sudah menjadi serba online. Semua hal tak luput dari jejaring internet. Apabila anak muda akrab dengan smartphone serta dunia maya. Maka sudah selangkah untuk bisa bisnis online. Cukup dengan facebook, whatsapp, twitter, dan aneka jejaring sosial maka kita anak muda bisa menjalankan bisnis online. Bisa pula dengan memakai web atau blog gratisan. Tetapi intinya dengan kita memanfaatkan internet untuk bisnis online maka akan banyak pendapatan yang bisa kita peroleh. Lembaran-lembaran uang rupiah bisa masuk ke kantong kita dalam sekejap. Beberapa jenis bisnis online yang bisa kita jalankan diantaranya dengan jual beli online (ini yang paling sederhana), afiliasi, jual artikel dan lain sebagainya.

4. Bisnis pulsa
Hampir tiap orang kini didalam sakunya mengkantongi smartphone. Merupakan usaha rumahan yang sangat sederhana dan tidak begitu sulit untuk dijalankan. Cukup kita jadikan HP kita sebagai dompet pulsa, selanjutnya tinggal konsumen melakukan transaksi jual beli pulsa seperti pada umumnya. Tidaklah rumit karena pulsa memang barang yang wujudnya tulisan angka. Pas untuk dijalankan anak muda. Bisnis ini tidak akan sampai mengeluarkan keringat yang banyak. Jadi tanpa bersusah payah pun anak-anak muda bisa menjalankannya.

5. Bisnis kuliner
Makan dan minum memang menjadi kebutuhan pokok manusia. Tiap hari tidak pernah absen dari makan maupun minum. Apabila anak muda terjun ke bisnis kuliner, maka sangat prospektif. Angkringan, jual sate ayam atau kambing, sate kelinci, pecel lele, soto, mie ayam, bakso, rumah makan padang, bubur, jual gorengan adalah beberapa contohnya. Semuanya memiliki peluang yang besar untuk sukses. Apalagi di zaman sekarang, banyak kita temui rumah tangga yang malas untuk memasak. Mereka ingin praktis sehingga cukup mengeluarkan uang dan langsung mendapat makanan siap untuk disantap.

6. Servis komputer dan smartphone
Setiap rumah tangga memiliki gadget. Punya laptop dan netbook. Karena sekarang anak SD atau SMP pun sudah dikenalkan dengan komputer dan laptop. Bahkan kini jumlah masyarakat yang memiliki gadget semakin meningkat pesat. Dengan jumlah pengguna atau user yang besar, tentu potensi peralatan tersebut rusak juga besar. Maka bila kita terjun ke bisnis reparasi dan maintenance gadget maka sangat prospek. Begitu banyak kita saksikan orang yang membawa smartphone yang rusak ke tempat servis. Begitu pula dengan komputer atau laptop yang rusak dan dibawa ke tempat servis. Termasuk pula servis printer. Tidak salah juga apa bila kita juga menjadi penjual gadget.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi para pembaca. Sukses untuk kita bersama menjadi harapan semuanya. Tetapi untuk sukses memang harus diusahakan. Inilah saatnya para pembaca umumnya dan anak-anak muda khususnya mulai berusaha untuk meraih sukses di bidang bisnis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Anak Muda Yang Kreatif