Peluang Bisnis Ini Cocok Untuk Kaum Milenial

Peluang Usaha Cocok Untuk Kaum Milenial
Peluang bisnis atau usaha ini cocok untuk kaum milenial sekarang. Bicara kaum milenial memang tak ada habisnya. Umumnya para ahli dan peneliti biasanya menggunakan awal 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran. Karena pada masa tahun 1980-an hingga tahun 1990-an terjadi tingkat kelahiran yang besar. Kini mereka yang lahir pada masa itu telah menjadi insan yang termasuk kategori usia produktif. Mereka mengisi berbagai posisi penting di dalam masyarakat.

Generasi milenial ini memang harus kreatif dan inovatif. Terutama dalam menghadapi tantangan zaman yang tidak mudah. Kaum milenial mesti menyiapkan diri menghadapi tantangan tersebut. Di dalam era industri maju seperti sekarang ini perlu adanya pensikapan yang benar. Para milenial perlu terjun dalam bidang kehidupan. Mereka harus akrab dengan berbagai bidang yang bisa memajukan kehidupannya. Semua demi kesuksesan mereka di masa depan. Mereka merupakan calon generasi penerus bangsa. Bidang bisnis misalnya. Perlu sekali mereka membuka usaha yang mampu mendulang untung yang besar. Tidak hanya berpikir melamar pekerjaan saja para milenial itu. Mereka sudah saatnya berpikir bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya. Syukur ia pun bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Sekaligus pula bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di sekitarnya. Beberapa bisnis yang mungkin bisa diambil oleh generasi milenial antara lain:

1. Memiliki bisnis startup
Bagaimana tidak? Sekarang ini zamannya internet. Penjualan, pemasaran, dan pembelian sebuah produk banyak dilakukan melalui cara online. Meskipun jual beli secara konvensional dengan bertatap mukanya para penjual dan pembeli masih banyak dilakukan. Namun, prospek untuk jual beli online ke depannya semakin cerah. Ke depan banyak orang akan lebih memilih membeli suatu barang lewat online. Banyak keuntungan dengan membeli barang secara online ini. Misalnya dalam membeli barang cukup duduk manis di rumah dan memegang smartphone di tangan. Di smartphone itu kita bisa melihat-lihat berbagai jenis barang yang akan dibeli. Termasuk pula bisa membandingkan harga-harganya antara satu tempat dengan tempat lainnya. Untuk membayar barang yang kita beli pun juga cukup mudah. Tinggal menekan tombol transfer uang di smartphone kita maka kita bisa menyelesaikan pembayaran. Kemudian menunggu beberapa waktu dan akhirnya barang sudah dikirim di depan pintu rumah kita. Para pengusaha startup meraup untung yang cukup besar. Semakin banyak transaksi yang menggunakan usaha startupnya maka omset bisnisnya akan semakin meningkat pesat. Para pengusaha starup kini banyak yang jadi orang kaya baru. Asetnya sudah sangat besar. Tidak salah bila para milenial saat ini ikut menjadi orang kaya baru berikutnya dikarenakan memulai bisnis startup. Tak ada yang tak mungkin di muka bumi ini. Asalkan ada kesungguhan, ketekunan, kerja keras, dan doa maka sangatlah mungkin apa yang para milenial ini cita-citakan dapat terwujud.

2. Bisnis kuliner
Tetap saja ramai usaha ini dari masa ke masa. Karena setiap hari orang selalu makan. Meskipun begitu, tentu saja pada umumnya orang akan bosan bila hanya itu-itu saja sajiannya. Membuat produk kreatif kuliner yang menarik sekaligus enak rasanya menjadi tantangan kaum milenial. Kreativitas dari resep masakan, kemasan, hingga cara penyajiannya memang sangatlah penting. Peluangnya sangat terbuka lebar. Dari sini potensi untung yang luar biasa bisa diperoleh. Kita ambil contoh gaya hidup orang di zaman sekarang. Mereka pada umumnya malas untuk keluar dari rumah karena berbagai sebab. Diantara penyebabnya antara lain karena jalanan macet, panas terik matahari, hujan deras, dinginnya udara di malam hari, hingga karena kesibukan di rumah.  Segala hal mereka ingin dimanja. Termasuk pula dalam membeli makanan. Bila kita membuat usaha kuliner dengan ditambahi fasilitas antar ke tujuan maka hal ini sangat prospektif. Tidak akan butuh waktu lama untuk mengembangkan usaha tersebut. Termasuk pula dalam kemasan dan penyajian. Perlu inovasi yang selalu berkala dilakuan guna menjadikan para pelanggan semakin senang. Ketika sudah memiliki pelanggan tetap maka bisnis kuliner dengan metode apa pun sangatlah mudah untuk berkembang sukses. Para pengusaha muda yang kaya raya banyak yang berasal dari jenis usaha kuliner.

3. Bisnis Fotografi
Tidak kalah menarik juga bisnis fotografi. Melimpahnya orang suka selfie menjadi indikator menarik untuk dicermati. Setidaknya, ada kaitan dengan sebuah peluang usaha. Peluang bisnis fotografi semakin prospek untuk kita ambil. Fotografi memang unik. Dengan peralatan sederhana ditambah hobi plus bakat maka akan begitu mudah sekali mendatangkan rupiah dari bisnis ini. Apalagi, kegiatan fotografi ini hal yang amat menyenangkan. Meskipun menyenangkan tetapi untungnya begitu mencengangkan. Bisa dianggap sebuah kegiatan yang tidak ada keseriusan tingkat tinggi dalam melakukannya. Hanya saja memang kita perlu suka dengan seluk beluk fotografi. Para milenial agaknya cocok dengan usaha yang berkaitan dengan fotografi ini.

4. Jasa tour and travel
Tempat wisata kini bermunculan. Dahulu belum ada sekarang mulai ditampilkan. Destinasi wisata yang dulunya sepi pun kini mulai ramai dikunjungi. Pemerintah melalui kementrian dan dinas terkait sangat menggalakkan perkembangan industri pariwisata. Konon pariwisata telah terbukti mampu meningkatkan ekonomi masyarakat luas. Berbagai tempat wisata yang terlihat semakin cantik dan menarik menjadi penyebab pula meningkatnya jumlah orang yang berwisata. Belum lagi sarana dan prasarana yang mendukung sekali kegiatan wisata. Misalnya saja kini jalan menuju ke tempat wisata yang dahulu sulit ditempuh kini sudah dibangun dengan baik. Termasuk dahulu aspalnya masih banyak rusak kini sudah diperbaiki. Inilah saatnya sebagai kaum milenial untuk mengambil peran. Membuka usaha jasa tour and travel sangat potensial besar keuntungannya.

5. Bisnis Percetakan
Cetak mencetak kini menjadi aktivitas yang amat sibuk. Semakin hari semakin meningkat orang menggunakan jasa percetakan. Baik itu cetak baner, undangan, kalender, buku, maupun yang lainnya. Peluang untuk terjun dalam bisnis ini masih terbuka lebar. Kaum milenial saya yakin tidak ingin ketinggalan dalam bisnis ini. Pasar yang luas menjadi pendorong untuk terus menekuninya. Sudah banyak orang yang sukses dengan menjalankan bisnis percetakan ini. Pelayanan kepada konsumen hendaknya benar-benar diperhatikan dalam bisnis ini. Umumnya kalau konsumen dikecewakan atas perjanjian kapan selesai mencetak dari sebuah baner misalnya maka mereka menjadi tidak mau lagi ke percetakan tersebut. Kekecewaan konsumen menjadi pukulan berat bagi para pengusaha percetakan. Maka disiplin dalam memenuhi janji sangatlah penting. Jangan mudah membuat konsumen kecewa. Termasuk pula yang perlu diperhatikan adalah kualitas hasil cetak. Perlu diusahakan hasil cetak yang benar-benar berkualitas.

6. Jasa Desain
Banyak orang yang memerlukan desain ini. Dari sekedar desain kaos, jaket, kartu nama, kemasan, dan undangan sampai logo sebuah perusahaan. Para milenial bisa ikut serta dalam bisnis ini. Ketrampilan membuat desain memang sangat diperlukan. Usaha seperti ini pun tergolong amat mudah. Dengan sekali membuat sebuah desain maka hasilnya cukup lumayan. Bahkan dalam sehari bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan desain sekaligus.

Itulah beberapa peluang usaha kaum milenial. Siapa berani mencoba maka dia akan menjadi yang pertama. Sukses perlu usaha keras sekaligus jangan melupakan doa kepada yang Maha Kuasa. Sampai di sini semoga artikel ini bermanfaat untuk seluruh pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Bisnis Ini Cocok Untuk Kaum Milenial