Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan

Informasi peluang usaha rumahan modal kecil sangat diperlukan masyarakat luas. Setiap orang menginginkan kesuksesan dalam kehidupannya. Baik dalam finansial maupun bidang yang lainnya. Tak dipungkiri, keuangan memang memegang peranan amat penting dalam kehidupan saat ini. Dalam sebuah keluarga misalnya, seorang suami menjadi penopang kehidupan ekonomi. Bekerja maupun usaha lainnya dilakukannya dengan keseriusan setiap harinya.  Untuk saat ini, seorang istri atau ibu rumah tangga pun turut ambil bagian dalam tugas mencari uang. Banyak yang sudah terjun dalam dunia pekerjaan layaknya seorang laki-laki. Ada yang berkarir di perkantoran, dosen, guru, bahkan pekerjaan di pabrik pun banyak pula yang melakukannya. Banyak yang telah sukses juga dalam bidang yang digelutinya. Ada pula yang pergi ke luar negeri menjadi tenaga kerja di sana. Memang, tuntutan kehidupan telah menyebabkan hal ini.
Melihat kondisi keuangan keluarga yang masih kurang baik membuat para ibu rumah tangga tak mau berdiam diri. Ia lantas terjun untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Salah satu yang dibidik untuk menghasilkan uang yang cukup lumayan adalah peluang usaha rumahan modal kecil. Memilih cara ini merupakan yang tepat, mengapa? Sebab dengan menjalankan usaha rumahan ini maka selain menghasilkan uang juga tugas-tugas rumah tangga di rumah pun tak terabaikan. Sembari membantu keuangan keluarga, tugas kesehariannya rumah tangga tetapa dapat dijalankan sebagaimana mestinya. 
Setidaknya ada beberapa jenis usaha yang kiranya bisa kita pilih untuk dijalankan. Dapat kita jadikan sebagai salah satu pijakan ketika akan berusaha dari rumah. Sehingga nantinya ekonomi keluarga akan sangat terbantu sekali. Kehidupan pun akan berjalan lebih sukses dan bahagia. Berikut beberapa usaha yang bisa kita coba jalankan :

1. Bisnis Makanan Ringan
Bagi ibu rumah tangga yang punya keterampilan dalam memasak, maka peluang usaha makanan ini adalah suatui pilihan yang baik. Makanan yang dimaksud bisa berupa makanan pokok ataupun makanan camilan, sangat tergantung potensi bisnis makanan di sekitar anda. 
Bila di lingkungan sekolah yang banyak dijumpai anak-anak, pilih jualan makanan yang terjangkau harganya oleh mereka. Jika tempat tinggal anda berada di sekitar perkantoran atau perkuliahan maka peluang bisnis makanan pokok akan begitu menguntungkan. Para mahasiswa serta karyawan kantor biasanya akan mencari makan siang pada setiap harinya. Selain itu, keuntungan dari tiap porsi makanan yang dijual pada umumnya tinggi. Tinggal menyajikan makanan atau masakan yang enak aja. Pilihlah resep yang spesial. Rasanya menggoda selera mereka untuk menikmati atau membelinya kembali.

2. Menjadi Perancang Model Pakaian
Untuk anda seorang ibu rumah tangga yang punya keterampilan dalam merancang busana atau pakaian maka keterampilan ini dapat untuk kita pilih sebagai alternatif bisnis rumahan. Bagi yang belum punya ketrampilan namun begitu, Anda bersemangat sekali, bisa kok dengan mengikuti kursus terlebih dulu. Kreatiflah dalam perancangan model busana. Terlebih lagi dengan model yang lagi ngetren pada saat ini. Boleh pula dipadukan antara beberapa model menjadi sesuatu rancangan inovatif. Sebagai langkah awal. Anda bisa merancang pakaian cantik untuk putri atau saudara dekat. Seketika banyak orang yang tertarik, tinggal tunggu aja orderan masuk. Dan keuntungan pun akan datang tentu kepada milik Anda.

3. Menekuni Profesi Desainer atau Dekorator Interior
Apabila Anda seorang ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang sebagai seorang desainer interior atau hobi dalam mendekorasi interior rumah. Beruntung sekali tentu sebab keterampilan itu bisa menjadi sumber penghasil uang untuk keluarga. Memang, tidak semua orang memiliki keahlian dalam mendekor interior rumah mereka. Peluang bisnis rumahan ini bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan dalam mengatur interior sebuah rumah menjadi enak dipandang dan nyaman. Sehingga anggota keluarga pun akan betah dan senang tinggal di rumah sehari-hari. 

4. Usaha Kerajinan Tangan atau Souvenir
Kerajinan tangan biasanya dikerjakan di dalam rumah tangga. Potensi keuntungannya pun sangat besar nantinya. Di lokasi wisata semisal, banyak orang yang mencarinya. Dengan menjadi pembuatnya di rumah maka anda sudah dapat menjadi seorang produsen. Sangatlah mudah menjalankan di rumah. Sembari membuat usaha di rumah, tugas sebagai ibu rumah tangga tetap bisa dilakukan. Berkembang pula sekarang dengan adanya souvenir pernikahan. Ketika ada orang yang menikah biasa mereka membeli souvenir untuk dibagi-bagi. Peluang usaha ini pun hendaknya kita tekuni.

5. Memiliki Counter Pulsa
Hampir tiap orang memiliki handphone saat ini, karena itu membuka usaha konter pulsa adalah suatu hal yang tepat untuk dipilih. Anda tak perlu menyewa ruko untuk membuka jenis usaha ini sebab bisa menggunakan halaman rumah sendiri. Yang dibutuhkan hanya steling untuk meletakkan voucher pulsa non elektrik dan menampilkan kartu perdana yang baru. Selain itu, anda menyiapkan buku tulis untuk mencatat nomor-nomor telepon yang ingin diisikan pulsanya.
Bagaimanapun, model usaha seperti ini sangat murah sekali biayanya. Dikatakan murah, karena anda tak membutuhkan modal untuk menyewa ruko. Bisa pula ditambah dengan etalase aksesoris Handphone, smartphone, atau sejenisnya. Perkiraan biaya, jika hanya membuka konter pulsa, maka dana yang dibutuhkan sekitar 2 jutaan saja untuk membeli steling kecil. Jika membuka usaha konter pulsa plus penjualan handphonenya, maka perkiraan modal bisa sekitar 3-4 jutaan. Jenis usaha seperti ini tak akan menghabiskan modal banyak dan boleh dikatakan tak akan pernah padam. Karena semua orang membutuhkan pulsa. Selama handphone masih menjadi alat komunikasi utama. Prospek ke depan pun juga amat cerah. Apalagi sekarang, pulsa pun sudah dipakai untuk akses internet. Ditambah lagi dengan pembayaran listrik pun sudah menggunakan pulsa, sistem yang telah berganti menjadi listrik prabayar. 

6. Membuka Laundry
Usaha laundry ini saat ini sudah menggeliat dimana-mana. Apabila digarap dengan serius, bisa menjadi suatu usaha yang menjanjikan keuntungan yang luar biasa. Jadi ,di sini anda harus bisa memperhitungkan kebutuhan pelanggan. Tentukan harga yang murah serta pelayanan yang cepat dan bersih. Hal itulah cara pertama untuk mencari pelanggan. Kalau perlu lakukan survei ke beberapa tampat usaha cuci rumahan yang ada atau bisa dengan meminta brosur agar tahu harga pasarannya. Untuk perkembangan selanjutnya, Anda pun dapat mulai menerapkan sistem sewa, setrika, termasuk mencuci, dan mengeringkan. Berbagai kesibukan manusia di zaman modern ini telah menjadikan peluang usaha ini menjadi maju sekali. Ke depan pun akan memiliki prospek yang cerah.

7. Mendirikan Toko Kelontong
Kita bisa menjual barang-barang kebutuhan sehari–hari yang dibutuhkan lingkungan rumah dengan harganya terjangkau. Tidak perlu keahlian khusus dan dapat dijalankan di dalam rumah. 
Akan lebih baik pula dalam menjalankan usaha ini untuk berdisiplin dalam mengelola keuangan. Sebab sudah banyak yang gara-gara tidak bisa mengatur uang, dicampurnya uang untuk usaha dan kebutuhan pribadi sehingga modalnya jadi habis. Akhirnya, usahanya macet. Kita dapat belajar dari pengalaman itu. Semakin lengkap barang yang dijual maka akan bagus untuk perjalanan usaha nantinya. Modal yang dibutuhkan juga tidaklah banyak. Besarnya tergantung dengan banyaknya item barang yang mau dijual.

8. Ternak Ayam Kampung
Cara menghasilkan uang dengan memelihara ayam kampung sangat sederhana. Kita pelihara dulu satu ayam jantan atau jago dan dua ayam betina atau babon. Modalnya cukup sedikit. Mengenai pakan ayamnya tidak terlalu masalah. Sisa makanan bisa kita berikan. Kalau misalnya membeli pun tidak seberapa besar. Ruang umbaran ayam yang diperlukan juga tak terlalu luas. Harga ayam kampung akan naik berkali lipat bila sudah masuk mendekati hari raya lebaran. Terutama ayam jantan. Telur ayam kampung harganya pun lebih mahal. Kualitasnya memang jauh lebih baik dari yang biasa. Ini pun bisa dimanfaatkan untuk dijual.

9. Menanam Sayuran di Pot
Kini dengan memiliki pot bisa kita tanami berbagai macam sayuran. Misalnya cabe, tomat, pare, seledri, bayam,  kangkung, dan aneka jenis lainnya. Pot bisa kita buat dari kaleng bekas, botol bekas, ember bekas, atau bisa dengan membeli plastik hitam khusus yang harganya amat miring alias murah. Bila jumlah yang ditanam banyak maka bisa menambah pemasukan keluarga. Para ibu rumah tangga sangat cocok dengan model ini.

Nah, itulah beberapa jenis peluang usaha yang diharapkan menjadi referensi usaha anda di rumah. Bagi seorang ibu rumah tangga, tentu informasi tersebut akan membantunya dalam memutuskan usaha apa yang paling cocok untuk dilakukannya. Ketekunan dan berdoa begitu ditekankan dalam menjalankan usaha tersebut. Semoga artikel tentang peluang usaha rumahan modal kecil di atas bermanfaat untuk anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil